- Back to Home »
- Motorsport 200-225cc…siapa yang tercepat dan teririt??
Posted by : Fassali Ercan
Senin, 15 Juli 2013
Motorsport 200-225cc…siapa yang tercepat dan teririt??
Judul diatas IWB comot dari artikel rekan kita….tabloid Otomotif yang berusaha keras menghadirkan empat sport guna diadu secara head to head. Seperti tahu kegalauan para biker kelas 200-225cc, mereka sukses melakukan komparasi head to head antara KTM Duke, Bajaj Pulsar 200NS, Yamaha Scorpio serta Honda Tiger. Ke-empat species merupakan perwakilan dari masing-masing pabrikan untuk dibedah data performa mulai dari kemampuan sprint, top speed, serta keiritan bahan bakar. Sebuah komparasi menarik dan menggelitik IWB untuk dishare kemzbro semua. Ingin tahu hasil detilnya?. Monggo lanjutkan bacanya..
Soal banderol…..Duke 200 paling mahal
yakni kisaran 58jutaan, disusul Tiger diposisi dua 25,6juta, Scorpio
24.1juta dan yang paling murah Pulsar 200NS dengan harga 23.3juta.
Sedang tipe mesin keempatnya….hanya Duke 200 yang menganut sistem double
cam (DOHC) sedang lainnya single cam (SOHC) dengan posisi kubikasi
terbesar dipegang kalajengking diangka 225cc. Mencoba mengintip
bobot….sekali lagi Duke menempati posisi paling ringan yaitu 125kg,
diikuti sang macan 138kg, Scorpio 142kg dan yang paling gambot P200NS
mencapai 145kg. Urusan power-pun…diatas kertas Duke tetap terdepan
dengan 25hp, kedua P200NS 23hp, diikuti Scorpio 18hp dan terakhir sang
legendaris Tiger yang nongkrong diangka 16,4hp. Semua angka tersebut
adalah klaim pabrikan sebelum ditest memakai Dyno. Terus piye setelah
diuji diatas alat Dyno??….
Guna mendapatkan hasil yang akurat….rekan
kita Otomotif melakukan pengukuran dengan satu alat operator dynometer
Dynojet 250i milik Sportisi Motorsport. Setelah dites satu
persatu…..berikut hasil akhir muntahan power on wheell :
Output power
1. Duke 200 : 23,9HP@10,300RPM (klaim 25HP)
2. Pulsar 200NS : 19,99HP@10,100RPM (klaim 23HP)
3. Tiger : 15,39HP@7,500RPM (klaim 16,4HP)
4. Scorpio : 14,98HP@8,200RPM (klaim 18HP)
Torque
1. Duke 200 : 16,96NM@8,200RPM
2. Pulsar 200NS : 15,53NM@8,600RPM
3. Tiger : 15,59NM@6,100RPM
4. Scorpio : 15,43NM@6,600RPM
Mencermati data diatas…superioritas Duke
200 tetap diatas angin. Disusul Pulsar 200NS yang sepertinya juga
menjanjikan. Yang menarik adalah Tiger dimana tenaga hanya turun sekitar
1 daya kuda dari klaim pabrikan…..tanda kalibrasinya hampir akurat.
Dari sekian data, yang mengejutkan muntahan power sikalajengking.
Kendati kubikasi paling besar diantara ketiganya, sijaran wesi belum
mampu menunjukkan kans asli. Ternyata menurut Otomotif, kondisi motor
yang dipinjamkan Yamaha agak kurang sehat. Indikasi terasa dari putaran
mesin menengah brebet ketika digeber. Bisa terlihat dari grafik yang
mirip gergaji terlampir. Seharusnya kalau normal lebih besar dari angka
yang tertera. Terus gimana setelah dites dilapangan?…..
Mengandalkan race logic….masing-masing
motor dibetot dari 0-60km/jam, 0-80km/jam, 0-100km/jam….0-100m, 0-201m,
0-402m dan yang terakhir top speed. Berikut hasil detilnya….
Duke 200
|
Pulsar 200NS
|
Scorpio
|
Tiger
|
|
0-60 km/jam
|
3,6 detik
|
3,7 detik
|
3,7 detik
|
4,5 detik
|
0-80 km/jam
|
5,3 detik
|
6,3 detik
|
6,3 detik
|
7 detik
|
0-100 km/jam
|
8,5 detik
|
10,1 detik
|
9,6 detik
|
12,6 detik
|
0-100 M
|
6,6 detik
|
6,9 detik
|
7 detik
|
7,1 detik
|
0-201 M
|
10,3 detik
|
10,8 detik
|
11 detik
|
11,2 detik
|
0-402 M
|
16,5 detik
|
17,3 detik
|
17,3 detik
|
18,2 detik
|
Top speed
|
136 km/jam
|
133km/jam
|
125km/jam
|
130km/jam
|
Racelogic
|
132,8 km/jam
|
129 km/jam
|
116 km/jam
|
119,2 km/jam
|
Konsumsi BBM
|
30 km/liter
|
30,84 km/liter
|
30km/liter
|
33 km/liter
|
Wisss….gamblang tenan!. Bisa
disimpulkan….performa Duke 200 memang bukan lawan ketiganya. Selain
tenaga…..bobot Duke 200 yang hanya 125kg juga menjadi sumbangsih
terbesar keampuhan akselerasi hingga top speed. Begitu juga kalibrasi
speedometer. Duo racikan India mempunyai tingkat akurasi paling tinggi.
Dikomparasi dengan race logic yang mengandalkan teknologi GPS, rata-rata
hanya melenceng kurang dari 4 persen. Sayang dengan banderol yang masuk
rentang 58jutaan……performa yang ditawarkan Duke 200 terasa hambar. Lha
piye kangbro….larang (mahal) tenan euy ….
Menjelajah satu persatu, yang mengesankan
lagi adalah performa Scorpio dari 0-100km/jam yang butuh waktu
9,6detik. Hasil ini bahkan mengalahkan Pulsar 200NS yang memerlukan
waktu hingga 10,1 detik. Tidak heran sikalajengking lincah dan enteng
dibuat nyelip-nyelip diperkotaan. Passing ability tidak terkebiri oleh
bobot yang mencapai 142kg. Tapi….untuk urusan top speed, jebule Tiger
mengungguli Scorpio. Beda tipis 4,2km….sudah cukup bagi sang legendaris
dijuluki sebagai super cruiser tulen. Dipakai turing jarak jauh mantap
karena didukung komposisi gear 6 kecepatan serta komsumsi bahan bakar
yang paling irit diantara ketiga rival….
Last....tidak diragukan Duke 200
masih menjadi motor terkencang. Akan tetapi….jika melihat banderol,
P200NS menjadi calon kuda besi kedua mengisi podium tertinggi. Sedangkan
soal efisiensi…..sport besutan Honda tak tertandingi tetap
mempertahankan ciri khas irit. Namun apapun itu…..harus jujur kita akui,
kedua produk Jepang kudu segera mendapatkan sentuhan total. Dengan
banderol yang lebih mahal 1-2jutaan dibanding Pulsar 200NS serta
performa dibawahnya….kini mereka mendapatkan tekanan untuk menghilangkan
cap overprice. Who’s the real winner sport 200-225cc??. Monggo
simpulkan sendiri. Semoga berguna…...(iwb)